Senin, 15 Juni 2009

AI Bantu Meneliti Ilmu Pengetahuan dan Rumah Sakit


Meneliti tentang ilmu pengetahuan ilmiah kadang amat membosankan bagi para peneliti, karena harus melakukan dan mengujinya secara berulang-ulang. Oleh karena itu, tercetuslah keinginan agar penelitian yang dilakukan dapat dibantu dengan teknologi yang mutakhir, sehingga dapat mengurangi kinerja yang tidak efektif dari peneliti itu sendiri.
Para peneliti di Universitas Aberystwyth Wales telah mengembangkan sebuah robot yang akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan sebagai mesin pertama yang menerapkan inovasi dari ilmu pengetahuan terbaru dengan tanpa dioperasikan oleh manusia. Robot ini diberi nama Adam, yang ditujukan untuk mengidentifikasi peranan gen pada sel anda, dan memiliki kemampuan untuk merencanakan penelitian-penelitian lanjutan untuk menguji hipotesa nya sendiri.
Ross King, orang yang berada di balik proyek ini dan berasal dari jurusan ilmu komputer di universitas tersebut, telah mengatakan bahwa robot tersebut merupakan salah satu bagian dari kepedulian aspek metoda ilmu pengetahuan yang ada, dan yang membebaskan para ilmuwan untuk melakukan serangkaian penelitian yang lebih lanjut lagi. Menurut Cornel, para peneliti membuat sebuah komputer yang bisa menemukan ketetapan hukum-hukum pada dunia ilmiah ini.
Menurut PhysOrg, mereka telah menguji AI pada sebuah sistem mekanis sederhana dan merencanaan mengirim permasalahan yang lebih kompleks lagi ke berbagai ilmu tertentu, seperti mulai dari ilmu biologi sampai dengan ilmu kosmologi sehingga bisa mudah diakses. Senang rasanya mendengar robot-robot melakukan sesuatu hal yang bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar