Senin, 15 Juni 2009

CHAT BOT BERBASIS TEKNOLOGI AI

AI (Artificial Intelegence) dapat langsung kita terjemahkan sebagai "kecerdasan buatan". Dan seperti namanya, AI ini memang dirancang untuk memiliki kemampuan meniru kecerdasan yang dimiliki manusia.

Sekarang ini boleh dibilang berkat perkembangan teknologi komputer yang cukup pesat, AI juga telah mengalami kemajuan yang cukup bagus. Hal ini dapat dilihat dari kemampuannya yang terus berkembang, di mana sekarang ini AI juga telah memiliki kemampuan untuk mempelajari hal-hal yang baru, contohnya seperti bahasa dan pengetahuan pengetahuan baru. Dan meskipun teknologi AI ini masih dalam tahap permulaan perkembangannya, namun kemajuannya sudah dapat membuat kita terkagum-kagum.

Penerapan AI salah satunya adalah dalam bentuk chat bot. Chat bot merupakan sebuah program komputer yang diprogram untuk dapat berkomunikasi dengan manusia menggunakan bahasa manusia itu sendiri. Salah satunya contoh kongkritnya ialah Help Bot pada Yahoo!Messenger dan ALICE (Artificial Linguistic Internet Computer Entity) yang dikembangkan oleh Dr. Richard S. Wallace.

Help Bot pada Yahoo!Messenger ditujukan untuk membantu penggunanya di dalam mengatasi permasalahan yang timbul sehubungan dengan pemakaian aplikasi Yahoo!Messenger. Help Bot tersebut memanfaatkan informasi dari database-nya dan dicocokkan dengan keyword dari pertanyaan yang di-submit oleh si penanya untuk menghasilkan suatu jawaban atau respon. Sedangkan ALICE merupakan sebuah program komputer yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat diajak untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa manusia (bahasa Inggris).

ALICE dibuat dengan sebuah bahasa pemrograman baru yang disebut dengan AIML (Artificial Intelligence Markup Language). Dengan AIML, ALICE juga dapat dimodifikasi untuk dirubah "kepribadiannya" sehingga dapat diciptakan sebuah kepribadian baru selain dari kepribadian aslinya (yang dibuat oleh pemrogram ALICE)..

Baru-baru ini telah muncul ide-idebaru di dalam pengembangan ALICE di antaranya adalah kemampuan untuk menjaga alur pembicaraan untuk setiap user yang melakukan pembicaraan dengannya. Selain itu juga mulai telah dipikirkan suatu cara agar nantinya program tersebut dapat memprediksi atau mengidentifikasi umur, jenis kelamin, lokasi geografis dan pekerjaan dari client (user) yang melakukan perbincangan dengannya.
Kehebatan ALICE ini telah membuat kagum banyak client di luar negeri, sehingga tidak sedikit saran yang masuk menyarankan agar mereka (para programmer- nya) "mengajari" ALICE agar dapat berbicara dengan bahasa bahasa lainnya di dunia. Dan tampaknya saran tersebut telah direspon dengan baik dengan telah diciptakannya program ALICE yang mampu berbahasa Jerman (http://german.alicebot.com). Atau jika tertarik untuk mencoba kemampuan ALICE yang berbahasa Inggris, Anda dapat berkunjung langsung ke Situs resminya di http://www.alicebot.org/. Di Situstersebut telah disediakan sebuah link yang bisa diklik untuk memulai pembicaraan dengan si ALICE. (Situs alicebot.org juga memiliki versi Java dari ALICE.)

Tentunya selain ALICE juga masih banyak chat bot lain yang kemampuannya tidak kalah dengan ALICE.

Chat bot lain selain daripada Alicebot ini di antaranya:
 
AdviceDummy 
http://missinformation.com/AdviceDummy/index.cfm
Chat bot ini dibuat dari saran seorang kolumnis. Meski terkadang jawabannya masih kurang relevan, Advice Dummy sudah cukup bagus sebagai sebuah chat bot. Program ini menggunakan Interface Shockwave, sehingga untuk dapat "ceting" dengannya Anda memerlukan plug in Shockwave yang sudah terinstal di browser Anda.
 
ANNETE
http://www.talkingservant.com/
Anette adalah chat bot "berkewarganegaraan" Jerman. Dia mampu melakukan chatting lewat SMS, HTML, atau aplikasi multimedia lainnya. Ia juga dapat mengingat penggunanya, selain itu ia juga dapat menampilkan hyperlink di dalam sebuah dialog tunggal atau seluruh area dialog, dan melakukan redirection terhadap user ke suatu Web yang lain. Pengguna atau user juga tidak perlu men-download applet apapun karena Annette sepenuhnya diinstal & dieksekusi di Web server, sehingga format yang diterima user hanyalah format HTML murni saja.
 
CHOMSKYBOT
http://stick.us.itd.umich.edu/cgi-bin/chomsky.pl/
Bot ini sangat disukai oleh komunitas underground. Ia menghasilkan paragraf berdasarkan kata kata dari Noam Chomsky.
 
COLIN
http://www.barc0de.demon.co.uk/nlp/
Sementara sebagian chat bot berusaha menyamai kemampuan manusia di dalam memberikan respon, CoLIN belajar bahasa secara spontan, seperti yang dilakukan oleh seorang anak kecil. Pendekatan unik ini memberikan CoLIN kemampuan untuk melakukan pembicaraan dengan berbagai bahasa. CoLIN didesain untuk merespon pernyataan dari user berdasarkan pernyataan berikutnya yang dibuat oleh user. Dengan kata lain, ia mampu belajar berbicara dengan jalan mendengarkan Anda berbicara.
 
CYBELLE
http://www.agentland. com/

Cybelle telah diprogram menjadi seorang ahli di dunia cyber. Ini semua berkat latihan dan perjalanan atau petualangannya di Internet. Ia mengembangkan sendiri karakternya, dan kelihatannya ia berkembang menjadi seorang yang penuh rasa ingin tahu. Dan kabarnya, Cybelle sudah memiliki sense of humor-nya sendiri. Kemampuan Cybelle sendiri setelah diujicobakan tampaknya sedikit lebih baik dibanding ALICE. Berdasarkan pengalaman penulis, Cybelle mampu menjawab pertanyaan pertanyaan sulit dengan cara yang amat mengagumkan.
 
JABBERWACKY
http://www.jabberwacky.com/
JabberWacky cukup lumayan untuk ukuran sebuah chat bot. Pengetahuan yang dimilikinya cukup luas, namun terkadang jawaban yang diberikannya masih kurang relevan dan terkesan agak sembrono dalam mengutarakan sesuatu.
 
JOHN LENNON DAN JACK THE RIPPER
http://www.triumphpc.com/

Jika ingin mengetahui apa yang sekarang ini sedang dipikirkan oleh Jhon Lennon ataupun Jack The Ripper, maka mungkin Situs ini cocok untuk Anda. Di Situs ini Anda dapat berbincang dengan "klon"-nya John Lennon ataupun Jack The Ripper dalam bentuk chat bot. Kelebihan dari chat bot ini adalah bahwa respon yang diberikan masing masing chat bot disesuaikan dengan karakter yang diperankan oleh chat bot tersebut.
 
CHAT
http://debra.dgbt.doc.ca/chat/chat.phpl/
CHAT (Conversational Hypertext Access Technology) adalah program komputer yang dikembangkan oleh Communica- tions Research Centre yang menyediakan akses ke informasi lektronik . CHAT mendukung natural-language interface yang mengizinkan user mengetikkan pertanyaan dalam bahasa Inggris. Dengan cara ini akan lebih mudah bagi user untuk menemukan informasi daripada jika harus menggunakan menu tradisional atau menggunakan sistem keyword. CHAT sangat ideal digunakan oleh orang-orang yang kurang begitu paham menggunakan komputer
 
DAISY DAN BILLY
http://www.leedberg.com/glsoft/

Sebuah self-learning chat bot yang mempelajari bahasa secara spontan dan mempelajari banyak hal dari percakapan yang kita lakukan dengannya. Programnya dapat di-download lewat Situs tersebut, dan ukuran file-nya pun tidak begitu besar (kurang dari 400KB). Karena chat bot ini sifatnya self learning, maka respon yang diberikan saat pertama kali berbincang dengannya pun kurang memuaskan . Bot ini akan "belajar dari pengalaman". Itu artinya semakin sering Anda ngobrol dengannya, maka program ini pun akan semakin pintar. Tapi butuh waktu dan kesa- baran tinggi untuk "melatih"-nya.
 

Dari daftar di atas saja sebenarnya kita sudah dapat melihat bagaimana arah perkembangan teknologi AI di masa depan. Bukan tidak mungkin jika di masa depan nanti robot- robot AI akan mulai menggeser peranan manusia. Soalnya saat ini saja sudah ada berbagai bot yang dikembangkan khusus untuk keperluan bisnis. Misalnya bot presentator yang memiliki kemampuan untuk mempresentasikan produk produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Mungkin ada juga bot yang khusus berfungsi sebagai customer service bagi sebuah perusahaan.
Sebenarnya masih banyak lagi chatbot lainnya yang tidak mungkin dituliskan di sini semuanya. Maka dari itu, jika tertarik untuk melihat perkembangan terbarunya, Anda bisa mencari referensi lengkapnya di: www.simonlaven.com. Atau bisa juga Anda search sendiri di Internet lewat search engine seperti Google, Yahoo, atau Lycos.
 

Selamat mencoba kawan! ;D

2 komentar:

  1. IDE & SDK utk alice bisa diambil dimana?
    bahasa yg dipakai menggunakan apa?
    apa ada tutorial utk pengemangan aplkiasi dgn alice?

    BalasHapus